Lintasarta Dukung Pemerintah Hadapi Industri 4.0

30 Oct 2018

JAKARTA. Lintasarta mendukung industri nasional menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan berpartisipasi dalam acara Making Indonesia 4.0 Conference pada Rabu (24/10) lalu di Gedung Kementerian Perindustrian(Kemenperin), Jakarta. Acara yang digagas oleh Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian ini dibuka secara langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Acara yang membawa tema “Menyiapkan Industri Indonesia di Era Industri 4.0″ diikuti sebanyak 300 perserta yang meliputi para pelaku industri baik skala kecil, menengah, dan besar, aparatur pemerintahan, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), serta para anggota ACCI termasuk Lintasarta.

IT Services Director Lintasarta, Arya N. Soemali hadir sebagai salah satu pembicara dengan menyampaikan kesiapan Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company untuk mendukung implementasi industri 4.0 melalui teknologi cloud sebagai dasar pembangunan. “Teknologi cloud adalah faktor penting dalam era revolusi Industri 4.0 karena akan menjadi infrastruktur dasar bagi pengembangan dan inovasi bisnis melalui pemanfaatan teknologi,” ujar Arya.

Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Menteri Perindustrian Airlangga yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa teknologi cloud merupakan salah satu infrastruktur digital yang penting dalam mendukung implementasi industri 4.0. Menurut Airlangga, melalui pemanfaatan cloud dalam upaya transformasi digital akan memberikan peluang untuk merevitalisasi industri manufaktur serta mempercepat pencapaian visi Indonesia menjadi 10 ekonomi terbesar pada 2030.

Melalui tanggapan pemerintah tersebut, Arya meyakini bahwa, pemanfaatan cloud akan mendukung implementasi berikutnya terkait penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) dalam menghadapi era industri 4.0. “Pemerintah bersama dengan pelaku industri telah bersama-sama meyakini bahwa cloud menjadi instrumen penting sehingga perlu didukung dengan teknologi serta infrastruktur yang handal,” tambah Arya.

Lintasarta sebagai ICT total solution company berkomitmen memberikan layanan Lintasarta cloud yang prima dengan konsep one stop solution untuk industri mulai dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). Lintasarta Cloud juga didukung dengan jaringan komunikasi yang cukup luas di seluruh Indonesia dan dapat diakses dari beberapa saluran komunikasi data seperti internet, private network, VSAT, dan lainnya.

Lintasarta Cloud yang berlokasi di Indonesia (local cloud provider) berada di tiga Data Center milik Lintasarta yaitu di Jakarta, Tangerang Selatan serta Purwakarta yang telah terkoneksi satu sama lain dengan jaringan data berkecepatan tinggi. Arsitektur ini akan memudahkan pengguna dalam menentukan strategi deployment yang paling optimal.

Upaya meningkatkan kualitas layanan dilakukan melalui fasilitas cloud server yang menggunakan Solid State Drive (SSD) pada storage sehingga menghasilkan power efficiency dan performa terbaik dari aspek akselerasi dengan kecepatan tiga kali lebih besar dari Hard Disk Drive (HDD). Lintasarta Cloud memberikan koneksi jaringan yang handal melalui peering lokal terbesar di Indonesia, total sebesar 100 Gigabits Per Second (Gbps) dengan latensi di bawah 5 milisecond(ms).

Hal ini mendukung interkoneksi terbesar dari Lintasarta pada local exchange baik dalam jalur domestik maupun internasional. Layanan Lintasarta Cloud juga didukung dengan akses internet yang cepat, pendampingan penuh dalam proses audit, serta dukungan penuh selama 24/7 dengan keberadaan 54 local support di seluruh Indonesia.

Arya menambahkan, elemen penting lainnya dalam mewujudkan industri 4.0 adalah sinergi setiap pihak terkait dan Lintasarta telah menjadi kolaborator pembentukan ekosistem cloud melalui pengembangan aplikasi solusi industri dari startup lokal berkerjasama dengan akademisi berbagai universitas negeri ternama di Indonesia yang disebut dengan Appcelerate Program. Pada akhirnya Lintasarta menunjukan komitmen untuk mendukung pelaku industri yang memiliki daya saing tinggi di ranah nasional hingga global melalui pemanfaatan teknologi.