Lintasarta Raih Sertifikasi PCI DSS Cloud Security Pertama di Indonesia

3 Jul 2019 | Ryo Naldho

JAKARTA – Lintasarta kembali menunjukan keunggulannya dengan menjadi Cloud Provider pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikasi bergengsi PCI DSS Cloud Security yang diserahkan oleh TUV Rheinland. Penyerahan sertifikasi tersebut diterima oleh Direktur IT Services Lintasarta Arya N. Soemali di Jakarta (27/6/2019).­

PCI DSS atau Payment Card Industry Data Security Standard merupakan sebuah standar keamanan data pemegang kartu yang memenuhi persyaratan minimum untuk digunakan pada sektor keuangan, khususnya transaksi bisnis seperti credit card, debit card, dan lainnya.­­ PCI DSS ini dipelopori dan didirikan oleh 5 jaringan pembayaran internasional yaitu American Express, Discover, JCB, Mastercard, dan Visa.

Arya N. Soemali mengungkapkan, “Dengan achievement sertifikasi ini, membuktikan bahwa kita memiliki kapasitas lebih untuk mencapai sesuatu yang luar biasa, dan dapat kita buktikan ke market bahwa Lintasarta siap melayani pengembangan bisnis sektor keuangan”.

“Sertifikasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Lintasarta dalam terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan khususnya pada sektor keuangan karena layanan yang diberikan sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, sehingga saat ini mengikuti standar Internasional yang terjamin tingkat keamanan dan standar operasionalnya,” sambungnya.

Salah satu keunggulan PCI DSS ini dapat membantu meminimalisir kerentanan dan melindungi data pemegang kartu. Untuk mendapatkan sertifikasi PCI DSS Cloud Security diperlukan audit external terkait dokumen, standar desain teknis dan non teknis secara end-to-end. Sebagai gambaran, untuk PCI-DSS Cloud, maka dari level lokasi fisik cloud (data center), jaringan (network), perangkat (server), dan sistem di dalamnya harus memenuhi standar minimum yang ditentukan oleh lembaga standarisasi internasional.

Dalam hal ini, Lintasarta sebagai penyedia jasa cloud, dengan proses sertifikasi yang relatif cepat, hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun, dimulai sejak Oktober 2018 dan selesai pada Juni 2019, menjadikan Lintasarta sebagai service provider cloud dengan multisite yang bersertifikat PCI DSS Cloud Security. Dari sisi keamanan dan sistem, sertifikat PCI DSS menjadi acuan untuk jaminan SLA dan keamanan data pelanggan yang disimpan di dalam cloud server.

Layanan cloud dari Lintasarta menjadi one stop solution untuk industri dengan solusi end-to-end mulai dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS), yang semuanya didukung oleh layanan konektivitas yang handal. Semua ini memungkinkan Lintasarta Cloud diakses dari berbagai saluran komunikasi data, seperti internet, VSAT, dan lainnya.

Arya menambahkan, “Dengan sertifikasi ini membuktikan Lintasarta sebagai pemain utama di bidang ICT yang mampu memberikan layanan handal dan kualitas yang prima bagi para pelaku industri.