Lintasarta Jalin Kerjasama dengan UGM untuk Pengembangan Startup Digital

23 May 2017

Jakarta, 22 Mei 2017 – Setelah sukses dengan ajang Lintasarta Appcelerate 2016, pada tahun ini Lintasarta kembali mengadakan Appcelerate 2017 dengan menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui keberadaan Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi sebagai penyelenggara Program Innovative Academy yang merupakan program inkubasi semi terstruktur berbasis universitas yang diarahkan untuk membangun semangat socio entrepreneur mahasiswa dan membentuk startup business dengan karakter Indonesia. Appcelerate Program merupakan realisasi Program Corporate Social Responsibility Lintasarta di bidang pendidikan yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri dengan fokus pada inovasi produk berbasis aplikasi digital, seperti mobile application, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri; perbankan, keuangan, migas, perkebunan, manufaktur, kesehatan, logistik, transportasi, kelautan, dan pariwisata.

Kerjasama Lintasarta, UGM dan GIB dalam penyelenggaraan Innovative Academy Appcelerate Program diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan di Kantor Pusat Lintasarta Jakarta bertepatan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dalam pelaksanaannya PT Gama Inovasi Berdikari (GIB), inkubator bisnis yang dibentuk UGM dan diberi mandat untuk mengelola startup business digital binaan Program Innovative Academy, memiliki peran sebagai pengelola kegiatan. Rangkaian Appcelerate meliputi beberapa tahapan, yaitu seleksi, inkubasi dan akselerasi bisnis, serta serangkaian kegiatan mentoring yang akan melibatkan mentor berpengalaman baik dari pihak Lintasarta, UGM maupun praktisi industri yang memiliki kompetensi di bidang pengembangan startup digital. Pada tahap inkubasi dan akselerasi bisnis, tim yang terpilih juga akan mendapatkan dana bantuan pengembangan produk. Di akhir tahapan inkubasi dan akselerasi, tim yang terpilih akan kembali mempresentasikan produk akhir yang telah dikembangkan, tiga tim terbaik akan memenangkan dana dengan total ratusan juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

President Director Lintasarta, Arya Damar mengatakan, “LINTASARTA APPCELERATE adalah salah satu Program Corporate Social Responsibility kami di bidang pendidikan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, salah satunya UGM. Tujuannya untuk mengembangkan minat dan menyediakan sarana aktualisasi bagi para mahasiswa menjadi enterpreneur digital.”

“Kerja sama dengan UGM juga bertujuan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa untuk menjadi pemain startup digital, yang dimana saat ini menjadi program pemerintah dalam menghasilkan 1000 startup dalam menumbuhkan ekonomi digital,” tambah Arya Damar. Arya Damar juga berharap Program CSR Lintasarta ini dalam jangka panjang akan membantu terciptanya digital ekonomi yang akan membuka lapangan kerja seiring dengan aktivitas digital ekonomi yang berbasis internet yang diharapkan terus meningkat setiap tahun.

Wakil Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM sekaligus Direktur Program Innovative Academy, S. Kompiang Wirawan, Ph.D., menyampaikan “bahwa inisiasi yang dilakukan Lintasarta ini sejalan dengan upaya UGM sebagai socio entrepreneurship university dalam meningkatkan inovasi produk yang aplikatif dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat luas yang tidak lepas dari local wisdom.”

“UGM telah memiliki banyak hasil riset atau inovasi sebagai hasil dari kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berpotensi untuk dihilirkan serta dimanfaatkan oleh industri maupun masyarakat. UGM menyambut baik kerja sama ini, karena saat ini menjalin kemitraan dengan industri sudah menjadi sebuah kebutuhan bahkan tuntutan bagi perguruan tinggi supaya tidak lagi menjadi menara gading. Melalui kerjasama Innovative Academy Appcelerate Program ini diharapkan akan bermunculan startup-startup digital yang memiliki kemandirian, bermanfaat bagi masyarakat luas, dan sesuai dengan kebutuhan industri”, tambah Kompiang.

– Selesai –

 

Tentang Lintasarta (Indosat Ooredoo Group)

Sejak 1988, Lintasarta merupakan penyedia Komunikasi Data, Internet dan IT Services untuk berbagai sektor industri. Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.300 pelanggan korporasi dengan lebih 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optik, jaringan satelit, layanan komunikasi suara, layanan video conference, data center dan DRC, cloud computing, Managed Services, e-health, TPA dan solusi total komunikasi data.

Lintasarta memberikan layanan profesional mulai dari layanan pra-jual melalui business consultantnetwork engineer untuk assessment dan desain solusi pelanggan hingga layanan purna jual yang memadai seperti Customer Assistant Representative (CAR). Layanan professional kami didukung oleh lebih dari 1000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional  yang tersebar di lebih dari 44 kota di Indonesia.

Lintasarta memberikan jaminan ketersediaan koneksi jaringan (SLA) sebesar 99%, 99,9% dan 99,99% sesuai kebutuhan para pelanggannya, dengan dukungan multimedia akses yaitu Fiber Optik, Broadband Wireless Access dan Satelit, serta multi backbone yang fully back up dan terkontrol melalui Network MonitoringSystem.

Infrastruktur Lintasarta berbasis platform jaringan Next Generation Network (NGN). Untuk jaminan mutu layanan Lintasarta telah memperoleh sertifikasi IS0 9001:2008, ISO 27001:2013, ISO 2000-1:2011, ISO 14001:2008, OHSAS 18001:2007, PCI DSS, CMSP (Cisco Managed Service Partner), dan SMK3 PP 50/2012.

Lintasarta memiliki 2 anak perusahaan yaitu PT Artajasa Pembayaran Elektronis “ATM BERSAMA” dan PT Lintas Media Danawa.

 

Sonik Primiarti                                                       Ryo Naldho

Corporate Communication Manager                 Media Relation Manager

Lintasarta                                                                Lintasarta

Menara Thamrin 12th Floor                                Menara Thamrin 12th floor

Jl. MH Thamrin Kav. 3                                        Jl. MH Thamrin Kav. 3

Jakarta 10250                                                        Jakarta 10250

Mobile: 0816892239                                            Mobile: 08161820423 / 0817820423

Tel: 021 2302345 ext 11010                                Telp: 021 2302345 ext 11011

Email:                                                                     Email:

sonik.primiarti@lintasarta.co.id                      ryo.naldho@lintasarta.co.id