|

Lintasarta dan Pemkot Manado Dorong Smart City di Sulut

Jakarta. Lintasarta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Manado menyelenggarakan event seminar Smart City dengan membawa tema “Innovative Solutions to Develop Smart City for Better Future” pada Rabu (28/2) di Hotel Sintesa Peninsula, Manado. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan yang turut didampingi oleh Data Communications Director Lintasarta, Ginandjar, Sekertaris daerah Kota Manado, Rum Usulu dan Kepala Dinas Kominfo Kota Manado, Erwin S. Kontu.

Acara yang terselenggara dalam rangka mendorong percepatan implementasi Smart City ini dihadiri oleh ratusan pejabat Pemerintah Kota/Kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya. Peserta yang hadir diantaranya berasal dari daerah Tomohon, Kotamobago, Minahasa, Mongondow, Kepulauan Talaud, dan Gorontalo.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan, mengatakan, perkembangan teknologi digital serta kebutuhan akan peningkatan kualitas layanan masyarakat yang begitu cepat dari warga perlu kemampuan adaptasi agar dapat di implementasikan pada pelaksanan pemerintahan daerah. “Saat ini Smart City sangat diperlukan sebuah daerah dengan mengaplikasikan delapan aspek sistem Smart City 2021, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart technology, smart mobility, smart healthcare, smart energy, smart building, dan smart citizen, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Mor, Rabu (28/2) di Manado .

Pemerintah Kota Manado sendiri dalam hal ini mendukung Lintasarta untuk mendorong penerapan Smart City yang terintegrasi di setiap daerah serta meningkatkan partisipasi warga khususnya di wilayah Sulawesi Utara. Lintasarta yang telah berdiri sejak tahun 1988 dan menyediakan solusi total ICT termasuk solusi Smart City berkomitmen dalam mendukung implementasi Smart City menjadi Smart Nation di Indonesia.

Data Communications Director Lintasarta, Ginandjar, mengatakan, menjadi sebuah hal yang wajar ditengah perkembangan teknologi munculnya sebuah kebutuhan akan layanan masyarakat  yang mudah diakses, cepat, transparan, dan aman dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup warga di setiap daerah. “Solusi Smart City menjadi sebuah jawaban dimana untuk menyukseskannya perlu adanya inisiatif dan dorongan dari pimpinan daerah untuk mengubah pola pikir di internal pemda, memperbaiki sistem pelayanan dan mengubah bisnis proses menjadi lebih cepat dan transparan dimana Lintasarta siap mendukung hal ini,” ujar Ginandjar.

Menurut Ginandjar, kota yang cerdas bisa menjadi solusi untuk membantu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Untuk mewujudkan konsep ini, Lintasarta memiliki beberapa solusi untuk menyediakan kebutuhan teknologi digital yang memberi manfaat bagi pemerintah dan warganya.

Pada pelaksanaan seminar, Lintasarta menyampaikan kepada para peserta bagaimana konsep Smart City yang tepat serta berbagai solusi yang bisa digunakan seperti Smart City Platform yang memberikan kemudahan untuk mengembangkan dan mengintegrasikan layanan publik dengan menggunakan open platform dan open data model yang disebut City Care. Platform ini memungkinkan kolaborasi antara pemerintah, pengembang software dan startup lokal untuk mengembangkan serta mengintegrasikan aplikasi baru.

Lintasarta juga hadir dengan berbagai solusi lain seperti Data Communication, Internet, Data Center, Media Analytics,  Intelligence Command Center (ICC), Intelligence Video Analysis (IVA), Lintasarta Internet CCTV Access (LICA), Lintasarta Smarter Area Solution, Free Wifi Area, dan Digital Signage. ICC sendiri merupakan salah satu komponen Smart City yang terpenting bagi pemimpin daerah untuk mengetahui kinerja para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibawahnya.

Data dari ICC merupakan hasil integrasi dari berbagai aplikasi di internal SKPD serta masukan langsung dari masyarakat (melalui sosial media, call center, dan aplikasi tanggap darurat). Sementara, solusi Intelligent Video Analytics (IVA) dapat memaksimalkan infrastruktur IT daerah seperti CCTV untuk fungsi pengawasan serta penegakan hukum di lingkungan masyarakat.

Lintasarta sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung inisiatif pemerintah untuk menciptakan kota-kota cerdas di seluruh negeri dengan mengintegrasikan warga negara, pemerintah, dan teknologi untuk meningkatkan layanan publik, daya saing kota, dan kontribusi ekonomi.

Berita Lainnya

Layanan ‘one stop solution’ untuk perkembangan bisnis Anda!